Cara Promosi Katering Nasi Kotak

Diposting oleh Hulu on Minggu, 03 Januari 2016

Usaha Katering nasi kotak memang dalam dunia usaha sangat menjanjikan tetapi kalau kita tidak berani kreatif dan inovatif akan susah dalam bersaing walaupun pasar usaha katering nasi kotak sangat luas dan tidak akan habis dimakan jaman …kecuali di dunia ini sudah agak ada yg kawin. tapi kalau kita mau menggali kemampuan dalam pemasaran dan mencari informasi dilakukan dimana saja pasti laris manis yang penting harus jeli membaca peluang dan mempunyai konsep yang jelas "sekarang sudah saatnya untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri bukan lagi mencari lapangan pekerjaan"

Jangan takut dan kita tidak perlu silau melihat dengan keberhasilan orang lain nanti malah membuat kita tidak akan pernah untuk memulai, yang perlu kita lakukan adalah yakin dan “fokus, fokus, fokus, fokus, fokus, banyak orang yang melakukan usaha katering nasi kotak tetapi sering gagal / berhenti ditengah jalan ini biasanya karena tidak focus dan juga karena sering melihat atau mendengar keberhasilan orang lain dan berusaha untuk meniru kalau gagal kembali meniru yang lain…ini satu kesalahan

Kita harus berpikir secara rasional bahwa mereka yang berhasil itu dulunya juga melalui fase perjuangan tidak langsung seperti orang membalik tangan ...hap! (..iya kalau sulap) langsung jadi, sebaiknya kalau ada yang sudah berhasil seringlah kita bertanya terutama buat yang pemula karena kalau "malu bertanya sasat di jalan" tul gak....nah kalau sudah nanya janga takut untuk melakukan promosi.

Promosi..? waduh pasti dalam pikiran kita biaya besar nih…jangan takut dengan promosi banyak cara dalam melakukannya, seperti lewat :
1. Gethok tular ( modal mulut )
2. Brosur
3. Kartu Nama
4. Iklan Koran
5. Radio
6. TV
7. Internet
8. SMS
9. Dll…

Masih banyak lagi yang lainnya, tetapi isinya harus menarik agar tidak rugi sudah mengeluarkan biaya untuk promosi tidak mendapatkan sesuai rencana.…bagi semua pelaku usaha selalu pertanyaan paling awal di lontarkan adalah :

“ Apa ada promosi yang tidak mengeluarkan biaya besar “

hhmm…..untungnya usaha catering mempunyai keunikan tersendiri dan ini adalah keuntungan dalam memilih bisnis ini

Ghetok tular ( modal mulut ) ..adalah bentuk promosi yang paling jitu karena karena dilakukan oleh kita dan konsumen kita dengan sukarela apalagi mereka memberikan saran dan rekomendasi sebagai penikmat langsung dari hasil produksi usaha katering kita, inilah sebenarnya kekuatan dari promosi modal mulut. Promosi gethok tular ada dua bentuknya yang pertama diakukan memang untuk promosi (menyampaikan tentang usaha katering nasi kotak dengan segala keunggulannya) yang kedua bercerita atau menjawab pertanyaan orang yang membutuhkan seperti contohnya :

Yang pertama
“Seorang Ibu bercerita tentang kepuasannya dengan catering kita mungkin mengenai diskonnya, rasanya, jumlahnya, servisnya…atau yang lainya”

atau yang kedua :
“Ada orang yang bertanya tahukah dimana katering yang dia cari sesuai keinginannya “

dari cara promosi gethok tular ini kalau kita mau mengoptimalkan maka akan mendapatkan hasil yang maksimal tetapi dengan biaya yang murah. Kita jangan berat dalam memberikan penghargaan bagi yang telah memberikan rekomendasi sehingga terjadi sebuah order, bisa berupa komisi atau hadiah dalam bentuk lainya agar mereka berlomba mempromosikan usaha catering kita.

Perlu diingat hampir semua pemesan untuk catering perkawinan adalah orang tua dari calon mempelai, berarti seorang Ibu sangat berperan dalam hal ini …nah tinggal bagaimana kita menyiapkan bagaimana jika mereka puas dengan produk kita dan akhirnya menjadi sales lepas atau alat promosi yang handal…oh uniknya dunia ini.

bagaimana caranya agar isi dari promosi langsung tepat sasaran, Paling gampang kita harus tahu apa permasalahan yang sering terjadi di pemesanan katering….yg paling sering adalah masalah harga. Ada sebuah trik agar orang mau tertarik memesan katering biasanya yang dilakukan oleh pengusaha katering adalah pemesanan diatas 500 pax dapat bonus tambahan 1menu sejumlah 100 pax / atau es karving inisial nama pengantin) masih banyak siasat yang bisa dipakai agar pembeli merasa lebih untung kalau pesan di katering kita.

Membuat 1 menu baru dengan harga kushus yang belum pernah dipopulerkan oleh katering lain juga bisa sebagai salah satu kekuatan dari materi promosi, untuk mengangkat menu baru tidak perlu kita harus menciptakan seperti seorang Koki cukup dengan menu dari daerah yang sudah ada dimodifikasi bisa dari cara penyajiannya atau komposisi isinya sehingga bisa jadi menu unggulan seperti : tahu campur, semanggi suroboyo, nasi gudeg, rujak gobet, es manado, soto mie, sego ndeso …dll dulunya tidak menjadi menu prasmanan, sekarang sudah masuk dalam daftar menu di brosur bahkan jadi menu unggulan dan hebohnya lagi sekarang untuk jogloan menu dari daerah asli Nusantara ini banyak menjadi favorit bahkan mulai menggeser menu Eropa dan Negara lainya.

Sekarang yang paling baru adalah sego kucing masuk dalam daftar menu katering pesta…wuiihh padahal makanan yang satu ini dikenal sebagai menu pinggiran jalan yang dulunya dijual untuk makan sekelas Abang becak, Kuli bangunan, …pokoknya yang kemampuan daya belinya cuma Rp 3 000 sudah termasuk minumnya.

Tetapi setelah dikemas sedemikian rupa maka nasi kucing mulai disuguhkan pada acara jamuan makan dalam resepsi perkawinan sebagai menu joglo …dan hebohnya …selalu habis duluan.

Nah jadi kalau sudah menentukan siasat apa yang akan dipakai baru publikasikan dengan promosi bisa dengan cara murah selain brosur, koran, radio, TV, spanduk dll, dan sekarang dengan kemajuan dunia informasi tehnologi semua usaha memanfaatkan jaringan internet...atau dikenal dengan " PROMOSI ONLINE ". Berpromosi online ini sangat efektif saat ini karena memiliki banyak keunggulan seperti calon konsumen tidak perlu susah susah keliling mencari informasi atau perbandingan katering mana yang cocok dengan keinginan.

Anda bisa memanfaatkan juga anggaran promosi online tidak sebesar anggaran promosi offline, namun anda harus tetap berpandangan bahwa produk anda anda perlu media promosi agar dikenal orang, melakukan promosi pada Media yang berlimpah Pengunjungnya adalah hal yang paling penting untuk mengundang orang datang ke website atau blog usaha Katering anda baik dia sebagai calon pembeli, atau pun sebagai pengunjung yang hanya lihat-lihat saja.

Kalo di dunia offline, pengunjung yg datang ke usaha anda tidak berdampak serius terhadap penjualan jika mereka tidak beli. Namun di dunia online,pengunjung yang beli atau tidak beli akan berdampak bagus terhadap website atau blog usaha anda baik dampak penjualan langsung dari produk anda, maupun dampak tidak langsung dari pemasukan iklan … wah ternyata ada pendapatan sampingan juga kalau anda memanfaatkan dunia online... Kediri Kuliner Prediksi Bola